Kumpulan Informasi mengenai kata cinta, kata mutiara, kata bijak, kata romantis dan Pesan Broadcast BlackBerry

Rabu, 20 Mei 2009

Menyambungkan Internet dari warless laktop ke laktop

Hari minggu kemarin seharian saya mengotak-atik komputer, try and eror beberapa aplikasi untuk menyambungkan internet dari laktop saya ke laktop istri. Sumber internet yang saya dapatkan adalah melalui werless internet, sebenarnya laktop istri saya juga mempunyai werless namun mungkin kekuatan menangkap signal yang kurang kuat sehingga laktop beliau tidak bisa terhubung ke internet melalui werless yang ada di sekitar perumahan tempat tinggal kami.

Awalnya saya berpikir kalau laktop istri saya bisa langsung terhubung ke internet dengan menghubungkan laktopnya ke laktop saya melalui werless, melaui proses Wizard set up a home or small office network di Windows, namun cara tersebut tidak berhasil, kemudian saya coba lagi dengan cara lain yaitu menghubungkan laktop istri dengan laktop saya dengan kabel lan yang cross.

Adapun Susunan Kabel Lan dari pc ke pc antara lain :

model ini hanya menyilangkan antara ujung yang satu dengan yang lain.
1  ------> 3
2  ------> 6
3  ------> 1
6  ------> 2
sebagai berikut detailnya :
ujung yang pertama

  1. oranye muda
  2. oranye tua
  3. hijau muda
  4. biru muda
  5. biru tua
  6. hijau tua
  7. coklat muda
  8. coklat tua

Ujung yang satunya lagi :

  1. hijau muda
  2. hijau tua
  3. orange muda
  4. biru muda
  5. biru tua
  6. orange tua
  7. coklat muda
  8. coklat tua

clip_image002

Setelah kabel cross siap, saya coba lagi menghubungkannya dengan laktop. Secara koneksi antar LAN memang terkoneksi dengan baik, namun kalau ke internet belum bisa konek. Tapi anehnya Skype bisa konnek! Saya juga gak mengerti mengapa demikian.

Saya gak kehabisan ide, saya mencoba aplikasi proxy untuk menghubungkan dengan internet, saya menghabiskan waktu sangat lama disini karena sistem proxy ini kita harus mengubah settingan internet explorer atau mozilla di komputer klien, saya harus uji coba beberapa port namun gak ada yang berhasil.

Langkah yang terakhir saya mengingat ada aplikasi Kerio ruter yang membuat komputer kita menjadi router dan akan mudah menghubungkan dengan komputer klien. Saya menggunakan aplikasi Kerio WinRoute V.6.2.3, program ini bisa kita cari di internet dengan bantuan mbah google.

Cara instal Kerio WinRoute juga mudah, proses instal akan meminta password yang akan kita gunakan untuk membuka settingan Kerio. Setelah di instal kemudian restart lalu ikuti proses menggunakan wizard saja, settingannya juga akan otomatis:

set NIC 1 pakai ip LAN -> contoh 192.168.0.1 (atau 10.0.0.1/24 dst.)
set NIC 2 pakai ip werless (atau tergantung settingan modem : brigde atau PPPoE).

Biasanya saat proses Wizard kita akan diminta untuk memilih NIC 2 terlebih dahulu yang mana kita memilih NIC yang terhubung dengan internet, kemudian NIC 1 yang terhubung ke komputer klien.

Alhamulillah sekarang komputer istri saya sudah konek ke internet melaui kabel Lan yang terhubung ke laktop saya dengan bantuan aplikasi Kerio WinRoute V.6.2.3.

Cara menghubungkan pc ke pc dengan Kerio WinRoute V.6.2.3 tersebut mungkin tidak/kurang benar. Karena saya yakin ada cara lain yang lebih mudah yang belum saya ketahui, saya sangat mengharapkan rekan pembaca mau memberikan komentar mungkin ada jalan yang terbaik. :)

Reference:

http://ickokid.wordpress.com/2008/05/31/belajar-sharing-komputer-internet/

http://koeroutomo.blogspot.com/2008/02/pasang-kabel-lan.html

http://www.kerio.com/supp_kwf_manual.html

Sumber: http://www.almugni.com/menyambukan-internet-dari-warless-laktop-ke-laktop

Menyambungkan Internet dari warless laktop ke laktop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kunci Gitar

0 komentar:

Posting Komentar